Kamis, 08 Juni 2017

YANG DIMAKSUD PINDAH RAYON

Didasarkan Asal Sekolah Siswa Dan Melanjutkan ke Sekolah Yang Berbeda Daerah

Kota Bekasi (BIB) - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online akan dilaksanakan di Bekasi awal Juli 2017. 

Bagi peserta didik (siswa) yang berasal dari luar Bekasi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Bekasi terlebih dahulu harus mengurus surat pindah (pindah rayon). 

Pindah Rayon akan dilakukan oleh siswa apabila :
  • siswa yang sebelumnya bersekolah SD/MI/ Paket A di luar Kota Bekasi dan ingin melanjutkan atau pindah ke Bekasi masuk SMP/MTs di Kota Bekasi
  • siswa SD/MI Kota Bekasi yang ingin melanjutkan pendidikan SMP/MTs di luar Bekasi
  • siswa SD/MI asal Kota Bekasi yang ingin melanjutkan SMP/MTs di Kabupaten Bekasi dan juga sebaliknya siswa SD/MI Kabupaten Bekasi ingin bersekolah SMP/MTs di Kota Bekasi.
Atau :
  • siswa SMP/MTs asal DKI Jakarta/Banten/Jawa Tengah yang ingin melanjutkan SMA/SMK/MA ke Kota Bekasi (Jawa Barat) HARUS PINDAH RAYON
Jadi yang dimaksud akan pindah rayon, apabila siswa akan melanjutkan pendidikan bukan di sekolah asal atau pindah ke daerah berbeda kabupaten/kota lain.

Sehingga pindah rayon diberlakukan hanya terhadap siswa, bukan berdasarkan domisili orang tua. Misalnya sekalipun orang tuanya memiliki KTP dan KK atau tinggal di Kota Bekasi, tetapi siswa sebelumnya bersekolah di DKI Jakarta dan akan melanjutkan sekolah di Kota Bekasi maka wajib mengurus ijin Pindah Rayon. 

Kesimpulannya, Pindah Rayon didasarkan pada kebutuhan siswa dan asal siswa berdasarkan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) di daerah A dan akan melanjutkan pendidikan di daerah B. Bukan berdasarkan identitas dan domisili orang tuanya.

Dasar utamanya adalah, NISN atau asal siswa yang bersangkutan ... semoga di mengerti ya ...

Syarat-syarat pindah rayon :

(syarat ini berlaku bagi siswa luar Kota Bekasi yang akan melanjutkan pendidikan di Kota Bekasi)
  1. Nilai SKHUN/US dan / atau Foto Copy Daftar Kolektif Nilai UN/US yang di Legalisir oleh sekolah asal
  2. Pngantar dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota asal sekolah siswa
  3. Surat Keterangan Domisili / Foto Copy Kartu Keluarga (KK)
  4. Untuk lulusan dari luar negeri wajib mendapatkan Validasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).
  5. Tempat pelaksanaan pelayanan Pindah Rayon dilakukan di Dinas Pendidikan atau di tempat yang ditunjuk oleh Panitia PPDB Online
  6. Proses Pindah Rayon bisa dilakukan secara perorangan ataupun kolektif dari sekolah asal
  7. Pindah Rayon dilakukan saat Pra Pendaftaran PPDB Online
Contoh : Susi adalah siswa SD Negeri Makasar 04 Pagi Jakarta Timur, saat ini dia sudah dinyatakan lulus Kelas VI (Enam). Susi akan melanjutkan pendidikan jenjang SMP di Kota Bekasi. Susi pindah sekolah (Pindah Rayon) mengingat rumah orang tuanya juga berada di Kota Bekasi, tepatnya di Perumahan Harapan Indah, Kelurahan Medansatria, Kecamatan Medansatria, Kota Bekasi. Makanya Susi akan memilih melanjutkan study di SMP Negeri 19 Kota Bekasi yang masih satu komplek dengan tempat tinggalnya. Nah, Susi wajib menyurus surat Pindah Rayon ...

Sudah mengerti kan, tata cara Pindah Rayon ...

ALAMAT PPDB ONLINE :

~ DKI JAKARTA : https://jakarta.siap-ppdb.com/ (SD, SMP, SMA, SMK)

~ KOTA BEKASI :  https://bekasi.siap-ppdb.com/ (SD, SMP)

~ JAWA BARAT : http://ppdb.jabarprov.go.id/ (SMA, SMK, MA)

TAMBAHAN : seiring dengan alih kelola jenjang SMA/SMK/MA/SMALB dan Pendidikan Khusus menjadi tanggung jawab Provinsi, maka siswa yang berdomisili di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat lulusan SMP/MTs/SMPLB dan Paket B yang akan melanjutkan ke jenjang SMA dan sederajat tidak lagi PINDAH RAYON.

Siswa se-Jawa Barat tidak pindah rayon apabila hanya ingin pindah antar kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat

Sehingga siswa mau melanjutkan SMA/SMK/MA/SMALB yang dimaksud PINDAH RAYON adalah siswa Jawa Barat yang ingin melanjutkan ke Jawa Tengah, DKI Jakarta dan Banten serta berlaku sebaliknya.

INFO : PPDB Online SD dan SMP Kota Bekasi 2017

Semoga adik-adik dan anak-anakku mendapatkan sekolah pilihannya dan dimudahkan dalam prosesnya ya, Insya Allah, Amiin

#BangImamBerbagi #PPDB #KotaBekasi #2017

39 komentar:

  1. Pak saya mau tanya gimana cara nya kalo mau pimdah rayon dari SDN di Bekasi dan melanjutkan ke SMPN jakarta timur,dan bisakah melalui jalur prestasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan cek ke sekolah tujuan terlebih dahulu ya

      Hapus
  2. Assalamualaikum bang imam,
    Bang, anak saya dulu SD-nya di Kab Bogor (KTP & KK saya jg Bogor) shg NISN jg Bogor, kemudian saat msk SMP pindah rayon ke Kota Bekasi. Pertanyaan saya, bagaimana nanti saat mau daftar SMA? apakah bisa langsung daftar di Kota Bekasi? atau harus pakai cara pindah rayon? atau harus ke SMA di Kab Bogor?
    Demikian, terima kasih atas bantuannya bang.

    Wassalam
    Widi

    BalasHapus
    Balasan
    1. siswa yang berdomisili di seluruh kab/kota di provinsi jawa barat TIDAK LAGI PINDAH RAYON apabila ingin melanjutkan SMA/SMK/MA di seluruh jawa barat, kecuali ingin sekolah di DKI Jakarta

      Hapus
  3. Assalamualaikum... pak saya mau tanya klo saya mau pindah rayon dari jakarta timur ke bekasi kota, sementara domisili saya di kabupaten bekasi. Bgmn caranya ? Dan apakah bisa ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. istilah PINDAH RAYON itu untuk anak, karena anak sekolah berbasis NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) artinya, jika anak sekolah di Jakarta berarti NISN nya terdaftar melalui Jakarta, kalau mau sekolah di Bekasi ya harus dipindahkan NISN nya, sehingga disebut PINDAH RAYON

      Soal domisili orang tuanya dimana tidak masalah, kalau orang tuanya yang pindah namanya PINDAH KAMPUNG

      Hapus
  4. Assalamu'alaikum pak Imam...
    NISN anak saya terdaftar saat SD di Depok. Saat SMP dia sekolah di Jakarta. Sekarang SMA mau lanjutkan ke Depok lagi. Apakah perlu pindah rayon? Mengingat nisn nya dulu terdaftar di Depok.

    Ohya...KK ortu Depok, utk kasus asal sekolah luar propinsi begini (DKI) Apakah terkena aturan kuota ya utk yg 2017 ini...
    Mohon info jika berkenan...

    Salam

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Pak Imam..
    Sekolah asal anak saya adalah SMP Jakarta Timur, namun KK kali adalah CIbubur (Jawa Barat).. apakah dia saat mendaftar di SMN JAkarta timur terhitung Luar Rayon atau termasuk Dalam Rayon.. Saya agak bingung karena saat daftar PPDB KK merupakan syar utama untuk bisa mendaftar... Syukron atas pencerahannya. Salam - Ichsan

    BalasHapus
  6. Assalamu alaikum warahmatullah wabarakatu pak imam
    Yang saya mau tanyakan ngimana cara pindah rayon. Anak saya smpnya di bekasi dan dia mau melanjutkan sma di makassar.kedua orang tuanya ktp dan kk kota bekasi. Di makassar ada keluarga bapaknya. Ngimana cara dan apakah bisa... Demikian terima kasih atas bantuannya pak imam
    Wassalam
    Baronsky

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, urus surat pindah rayon nya dari bekasi, di makassar ikut wali (pengganti orang tua)

      Hapus
  7. Pak saya asal sekolah dr jakarta tapi kk saya Depok, kalau mau sma di depok tp pindah rayon kena kuota 5% tdk pak? Lalu kalau tdk pindah rayon sekolah di jakarta kena kuota 5% tdk pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sekolah di Depok ya PINDAH RAYON, kalau sekolah di Jakarta bebas, karena sebelumnya merupakan siswa Jakarta

      Hapus
  8. Assalamualaikum Pak. Sekolah anak sy DKI (Jkt Tmr) domisi Kab. Bogor (Bogor). Pertanyaan sy kalau nilai NEM ngepas apakah domisi jadi pertimbangan ya? Berhubung sekolah yang diminati dekat dari rumah. Saya ngeri berhubung itu kan sekolah favorit dan anak sy kan asal sekolah dr luar kabupaten meskipun rumah atau KK kab Bogor. Gimana itu ya, Pak? Mohon penjelasannya. Trm ksh byk sebelumnya.

    Blog Bapak penjelasannya detail dan mudah dimengerti. Sy merasa banyak terbantu setelah baca mengenai postingan passing grade begitu juga dgn postingan pindah rayon. Jujur penjelasannya nggak setengah2 menurut saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. luar daerah (siswa DKI Jakarta) yang mau pindah sekolah SMA/SMK/MA dan sederajat ke Jawa Barat kuota nya cuma 5% dari total daya tampung, cek saja dulu sudah berapa yang pindah rayon ke sekolah tersebut apakah sudah melebihi 5%, kalau lebih perlu hati-hati, kalau masih kurang ya aman...

      Hapus
  9. Pak saya mau tanya adik saya baru tamat sd d palembng dan akan meneruskan sekolah di batam
    Ini harus pinda rayon kn pak
    Terus syarat2nya apa aja pak

    BalasHapus
  10. Berapa lama pengurusan pindah rayon ya pak? Mengingat jadwal penerimaan mepet...

    BalasHapus
  11. Berapa lama ya pak pengurusan pindah rayon dari DKI ke Kota Bekasi? Mengingat jadwal sangat mepet...

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum
    Pak anak saya sekarang kelas 2 sd di jakarta. Mau pindah ke sd bekasi masuk kelas 3. Gimana caranya ngurusnya ya pak, dan syarat apa saja yg di butuhkan.

    BalasHapus
  13. Pak anak saya sekarang kelas 2 sd di cengkareng, mau pindah sekolah ke sd buni bakti,babelan masuk ke kelas 3. Gimana cara ngurusnya dan syarat apa saja yg harus saya siapin. Mhon info nya

    BalasHapus
  14. Bang imam,saya mau tanya kalo di syarat pindah rayon itu ada f1 dan f2.itu apa yah?terima kasih

    BalasHapus
  15. Pak, kalau adik saya mau pindah sekolah dari smp swasta di kecamatan A ke smp negeri di kecamatan B. Apakah bisa? Karena menurut dinas kota Bekasi jika masih satu rayon tidak bisa pindah. Mohon jawabannya terimkasi

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum
    Pak, kami sekeluarga ber KK jakarta, tp sudah 4 tahun ini tinggal dan anak2 sekolah di Cibinong
    Sekarang anak saya lulus SD (dicibinong) dan hendak melanjutkan SMP di Cibinong juga, apakah dia perlu pindah rayon? Dan apakah anak saya akan dihitung sebagai kuota pendaftar luar daerah?
    Mengingat ada info yg bilang bahwa sistem zonasi hanya akan melihat alamat KK tanpa melihat lokasi sekolah asal?
    Mohon arahannya, karena saat ini kami sedang bingung mengingat info yg simpang siur karena minim sosialisasi dan waktu pendaftaran yg pendek..
    Terima kasih sebelumnya, atas jawaban dan perhatiannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. TIDAK PINDAH RAYON, UNTUK ZONASI MEMANG SYARAT SALAH SATUNYA KK

      Hapus
  17. pak ijin bertanya, adek saya dr smpn 74 dki jakarta ingin melanjutkan sma di bekasi. Kartu Keluarga kami bekasi. apakah perlu pindah rayon atau tidak? terimakasih

    BalasHapus
  18. pak, kalau saya asli SMA Negeri di Depok kelas 11, saya mau pindah ke SMA Negeri di bekasi gitu pindah rayon juga atau tidak? mohon di balas krn saya sama sekali belum paham. terimakasih

    BalasHapus
  19. pak, kalau saya asli SMA Negeri di Depok kelas 11, saya mau pindah ke SMA Negeri di bekasi gitu pindah rayon juga atau tidak? mohon di balas krn saya sama sekali belum paham. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pindah sekolah saja, tidak pindah rayon

      Hapus
  20. cara untuk mendaftar bangku kosong bagaimana ?

    BalasHapus
  21. Pak bagi link contoh form pindah rayon dong
    Terimakasih

    BalasHapus
  22. Pak..... Kalo kartu keluarga baru jd sekitar bulan mei 2017.. kenapa TDK bisa ikut PPDB di SDN kota bekasi

    BalasHapus
  23. Anak saya mau masuk sdn di depok, tapi ga bisa kalo ga pake kk asli depok, kenapa ya?

    BalasHapus
  24. assalamualaikum mas Imam, jika SD di bekasi, tetapi KK ortu di Jakarta, ingin melanjutkan SMP di bekasi, seleksi masuk lewat jalur mana ya, umum luar kota, umum dalam kota atau zonasi, terima kasih

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum mas Imam, jika SD asal Bekasi ingin melanjutkan SMP di bekasi, tetapi KK ortu Jakarta, seleksi masuknya lewat jalur umum dalam kota, jalur umum luar kota, atau zonasi, terima kasih

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum pak,
    Mau tanya , keponakan saya lahir di bekasi tp ikut neneknya dr kecil dan sekolah SD di solo , KK ortunya bekasi kalau mau lanjut SMP di solo perlu pindah rayon kah? Mohon penjelasan. Terimakasih

    BalasHapus
  27. Bang kalo mau pindah rayon katanya nemnya dikurangi ?

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum, anak saya sekolah kan Purbalingga Jawa Tengah, mau pindah sekolah di gunung sindur bogor, kk+ktp Purbalingga, apakah bisa pindah sekolah ke gunung sindur, mengingat kk+kk Purbalingga...... Mengingat saat ini pekerjaan saya di daerah Gunung sindur.. Mohon pencerahan nya.. Terima kasih...
    Wassalamu'alaikum...

    BalasHapus
  29. Selamat sore bang... Anak sya kelas 4 sd di samarinda kaltim saat ini (kk dan ktp terdaftar domisili samarinda) krn memang menetap disamarinda, saya ingin pindahkan ke sd di desa yg berada di kab. Malinau kaltara bersama kakek dan neneknya yg menetap dsna. (Pindah sekolah sebelum semester ini) yg ini jelas pindah rayon ya bang? Dan kira2 ribet atau tidak berhubung bukan pada saat lulusan/kenaikan kelas? Dan rencana jika tamat sd dsna akan melanjutkan smp kembali di samarinda lg itu jg pindah rayon lagi ya bang? Trims atas responnya. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanya ke sekolahnya langsung yang akan dituju, kalau sekolahnya bersedia menerima silahkan, ini wewenang sekolah, dari dinas cuma surat pengantar

      Hapus

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara.

komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar.

jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke bangimam.kinali@gmail.com dan SMS/WA 085739986767

twitter: @BangImam

facebook: Bang Imam Kinali Bekasi