Jumat, 02 Juni 2017

4,1 Juta Anak Tidak Sekolah (ATS) di Indonesia

Hanya 2,9 Juta Masuk Peserta Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Yogyakarta (BIB) - Tercatat sedikitnya ada 4,1 juta anak usia sekolah tidak dapat bersekolah karena berbagai hal. Anak tersebut dikategorikan sebagai Anak Tidak Sekolah atau ATS. 

ATS yang dimaksud adalah anak berusia antara 6 tahun hingga 21 tahun dengan ketidakmampuan bersekolah akibat alasan ekonomi, sosial dan kesehatan.

Pada tahun 2017 ini melalui Program Indonesia Pintar (PIP) anak ATS telah terakomodasi dan masuk sekolah kembali sebanyak 2,9 juta. Mereka sudah mengantongi Kartu Indonesia Pintar, yang merupakan program dari Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Dari 2,9 juta ATS peserta PIP tersebut yang sudah masuk ke data based Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Pendidikan Masyarakat sebanyak 545.829 anak, dengan rincian 485.829 anak masuk lewat program layanan pendidikan kesetaraan, dan 60.000 siswa lainnya mengikuti layanan pendidikan khusus.

Butuh pelibatan publik dan pemangku kepentingan untuk kembali mengajak ATS belajar di sekolah.

Sumber : Kemdikbud, diolah Sapulidi Riset Center (SRC)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi